YouTube adalah sebuah situs web
berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan
PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.
[4] Perusahaan ini berkantor pusat di
San Bruno, California, dan memakai teknologi
Adobe Flash Video dan
HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video
buatan pengguna, termasuk
klip film, klip TV, dan
video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti
blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti
CBS,
BBC,
Vevo,
Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube.
[5]
Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna
terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video
yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna
terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC
dibeli oleh
Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
YouTube didirikan oleh
Chad Hurley,
Steve Chen, dan
Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama
PayPal.
[6] Hurley belajar desain di
Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar
ilmu komputer di
University of Illinois at Urbana-Champaign.
[7]
Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan
Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005
setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di
apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak
pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide
YouTube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya diperkuat oleh metode
pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna
konsumen".
[8]
YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari
Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006.
[9] Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di
San Mateo, California.
[10] Nama domain www.youtube.com
aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.
[11]
Video pertama di YouTube berjudul
Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di
San Diego Zoo.
[12] Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.
[13]
YouTube menawarkan
uji beta
pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005.
Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini
mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan
situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari.
[15] Menurut data yang dikumpulkan perusahaan
riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan
pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010.
[16]
YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah
setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S.
[17][18][19] Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya.
[20] Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi
pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000.
[21] Alexa menempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah
Google dan Facebook.
[22]
Pemilihan nama
www.youtube.com
memunculkan masalah dengan situs bernama serupa,
www.utube.com
. Pemilik situs tersebut,
Universal Tube & Rollform Equipment,
mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006
setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube.
Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi
www.utubeonline.com
.
[23][24] Pada bulan Oktober 2006,
Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk
saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006.
[25] Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis "
tidak material" dalam pengisian formulir wajib.
[26] Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah
Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya.
[27]
Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk
menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan
warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.
[20]
YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan
NBC pada bulan Juni 2006.
[28] Bulan November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan
MGM,
Lions Gate Entertainment, dan
CBS,
yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi
penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi
nama "Shows". Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs
web seperti
Hulu, yang menyimpan material tayangan dari
NBC,
Fox, dan
Disney.
[29][30]
Bulan November 2009, YouTube meluncurkan "Shows" untuk penonton
Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60
mitranya.
[31] Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring,
[32] yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya.
[33][34] Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.
[35]
YouTube menawarkan
uji beta
pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005.
Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini
mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan
situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari.
[15] Menurut data yang dikumpulkan perusahaan
riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan
pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010.
[16]
YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah
setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S.
[17][18][19] Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya.
[20] Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi
pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000.
[21] Alexa menempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah
Google dan Facebook.
[22]
Pemilihan nama
www.youtube.com
memunculkan masalah dengan situs bernama serupa,
www.utube.com
. Pemilik situs tersebut,
Universal Tube & Rollform Equipment,
mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006
setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube.
Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi
www.utubeonline.com
.
[23][24] Pada bulan Oktober 2006,
Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk
saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006.
[25] Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis "
tidak material" dalam pengisian formulir wajib.
[26] Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah
Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya.
[27]
Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk
menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan
warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.
[20]
YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan
NBC pada bulan Juni 2006.
[28] Bulan November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan
MGM,
Lions Gate Entertainment, dan
CBS,
yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi
penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi
nama "Shows". Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs
web seperti
Hulu, yang menyimpan material tayangan dari
NBC,
Fox, dan
Disney.
[29][30]
Bulan November 2009, YouTube meluncurkan "Shows" untuk penonton
Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60
mitranya.
[31] Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring,
[32] yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya.
[33][34] Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.
[35]